MATERI ADMINISTRASI UMUM
Pengertian administrasi secara umum
adalah suatu bentuk usaha dan kegiatan yang berkaitan dengan pengaturan
kebijaksanaan untuk mencapai tujuan. Pengertian administrasi secara
sempit ialah suatu bentuk kegiatan yang meliputi catat-mencatat,
surat-menyurat, pembukuan sederhana, ketik-mengetik, dan sebagainya yang
mempunyai sifat teknis ketatausahaan. Sedangkan pengertian administrasi
secara luas ialah segala bentuk proses kerja sama dari dua orang atau
lebih untuk mencapai tujuannya dengan memanfaatkan sarana dan prasana
khusus secara berdaya guna dan berhasil guna.
Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli:
Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli:
- arthur Grager: administrasi adalah fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat suatu organisasi.
- Sondang P. Siagian: administrasi adalah semua bentuk dari proses kerjasama antara dua individu atau lebih atas dasar rasionalitas terpilih untuk mencapai tujuan yang telah dipilih sebelumnya.
- Ulbert: administrasi dalam artian luas didefinisikan sebagai penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara sistematis baik internal ataupun eksternal dengan maksud menyediakan keterangan serta memudahkan untuk mendapatkan kembali baik itu sebagian ataupun seluruhnya. Sedangkan pengertian administrasi dalam artian sempit adalah dikenal dengan istilah tata usaha.
- George Terry: administrasi merupakan perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakan agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
- Willam Lefffingwell dan Edwin Robinson: administrasi merupakan suatu cabang dari ilmu manajemen yang berhubungan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara efisien, kapan, dan dimana pekerjaan tersebut harus dilakukan.
Ciri-Ciri Administrasi
- Ada kelompok manusia yang terdiri dari 2 individu atau lebih
- Ada kerja sama
- Ada proses atau usaha
- Ada bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan
- Mempunyai tujuan
Fungsi Administrasi
- Planning (perencanaan)
- Organizing (pengorganisasian)
- Staffing (pengadaan tenaga kerja)
- Directing (pengarahan atau bimbingan)
- Coordinating (pengorganisasian)
Komentar
Posting Komentar